Friday 17 December 2010

Mengkendek, Daerah Semut Merah


kandora, kec. Mengkendek

Mengkendek adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, Indonesia. Kecamatan ini berada di bagian selatan dari Kabupaten Tana Toraja dengan ibukota Ge'tengan. Pada tahun 2007, kecamatan ini dimekarkan sehingga muncul kecamatan baru yaitu Gandangbatu Sillanan dengan ibukota Buntu. Adapun batas wilayah dari kecamatan Mengkendek adalah sebagai berikut:
  • Utara : Kecamatan Makale,Kecamatan Sangalla'
  • Timur : Kabupaten Luwu
  • Selatan : Kabupaten Enrekang
  • Barat : Kecamatan Bonggakaradeng
Ge'tengan sebagai ibukota kecamatan Mengkendek tentu saja menjadi pusat pemerintahan dan Ekonomi di Mengkendek. Ge'tengan sendiri dilihat dari keadaan geografisnya, boleh dikata daerah yang kurang strategis karena berada di atas bukit. Akan tetapi, letaknya yang meguntungkan karena berada di jalur lalu lintas antara kota makale (Ibu kota Toraja) dengan daerah-daerah lain di selatan Toraja membuatnya menjadi daerah yang strategis.

Ge'tengan sebagai pusat perekonomian dari kecamatan Mengkendek bahkan boleh dikata semua daerah di Selatan Toraja membuatnya memiliki penduduk yang majemuk. Namun disinilah letak istimewanya Ge'tengan sebagai sebuah kota kecil. Dari sebuah rumah di samping kanal jalan masuk keluar pasar Ger'tengan yang akrab disebut "Rumah Tinggi" oleh orang-orang Ge'tengan, ada sekumpulan pemuda dan pemudi yang senantiasa berkumpul dan tertawa bersama. Mereka adalah orang-orang "terpilih" dari kota kecil Ge'tengan. "Rumah Tinggi" tersebut adalah Sekretariat OPA BIVI Toraja Adventure dan sekumpulan pemuda tersebut adalah anggota keluarga besar OPA BIVI Toraja Adventure. Kata "Bivi" berasal dari bahasa Manado yang berarti "Semut merah". Jadi tidak salah jika pemuda-pemudi juga disebut "Laskar Semut Merah". Merekalah generasi muda yang diharapkan mampu membangun Mengkendek daerah asal mereka serta Toraja dan Indonesia secara umum.

Demikianlah sedikit Informasi mengenai Mengkendek sebagai daerah para Semut Merah. Tetap Lestari...!!!

4 comments:

  1. Sirrin rarang do mai Mengkendek. Salama' mati'

    ReplyDelete
  2. salam lestari..!
    bisa minta info ketinggian wilayah mengkendek dpl.
    atau situs yang memuat info lengkap tentang mengkendek. kurre sumanga' buat infonya...
    Klo ada, tolong infokan ke muthunk_edho@yahoo.co.id.

    ReplyDelete
  3. kampung Q neee....
    semut merah ttp jya

    ReplyDelete