Tuesday 18 September 2012

Sekilas Tentang Gunung Karua (2653 Mdpl)


Gunung Karua merupakan salah satu gunung di Tana Toraja yang belakangan ini banyak dilirik oleh para pendaki. Gunung ini berada antara kecamatan Bittuang dan kecamatan Rindingallo, Kab. Tana Toraja. Titik start pendakian ke Gunung Karua berada di Lembang/Desa Balla, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja. Untuk mencapainya, dapat ditempuh dengan kendaraan dari kota Makale (Ibu kota Kab. Tana Toraja) hingga ke pasar Bittuang. Dari pasar Bittuang selanjutnya menuju ke Lembang/Desa Balla, bisa dengan menggunakan jasa ojek ataupun dengan jalan kaki. Setelah tiba di Lembang Balla, para pendaki wajib melapor dan mengisi buku tamu di rumah kepala Desa. Selanjutnya anda bisa melanjutkan pendakian ataupun menginap dirumah warga setempat.

Sesuai dengan namanya, Gunung Karua (dalam bahasa Toraja, Karua itu berarti delapan) menurut keyakinan warga setempat terdiri dari 8 puncak. Untuk mencapai puncak tertinggi dari Gunung Karua, kita harus melewati 8 Pos dan 1 puncak (Ini jika kita mengikuti jalur yang dibuat oleh OPA Bivi Toraja Adventure bersama PPAI Rajawali Nusantara dan X-Pala). Pos 1 dan Pos 2 adalah perjalanan melewati 1 gunung (puncak), Pos 3 sampai 7 adalah perjalanan menuju pucak tertinggi Karua dan pos 8 adalah puncak tertingginya. Perjalanan dari kaki gunung ke puncak bisa ditempuh dalam 1 hari. Untuk tempat camp, lokasi paling baik untuk itu ialah di pos 7. Untuk masalah air, air hanya tersedia di kaki gunung dan pos 3. Namun jika turun hujan, kemungkinan di pos 6 dan 7 akan ada air karena di sekitar pos-pos tersebut, banyak terdapat sumber-sumber air tadah hujan.

Yang menarik lagi dari Gunung Karua ialah gunung ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif. Ada sumber air panas yang terdapat di sekitar desa dikarenakan gunung ini. Dalam perjalanan ke puncak pun anda akan mencium bau belerang yang sangat menyengat. Mungkin ini pula lah yang menjadi sebab masih banyaknya pohon-pohon besar di puncak Gunung Karua yang membuat pemandangan di puncaknya sangat tertutup.
Puncak Gunung Karua

Demikianlah sedikit info tentang Gunung Karua, semoga bermanfaat bagi kita semua.
Tetap Lestari

2 comments:

  1. Menarik untuk dieksplorasi lebih jauh.. thanks infonya..
    Tetap lestari

    ReplyDelete